Rabu, 16 April 2014
   
Text Size

Mode pencarian artikel :

Fakultas Teknik dan Informatika

Dekan   :  Gunadi ,MSC, Ph.D.                   

Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Gajayana memiliki 3 program studi yaitu:

1. Program Studi Teknik Mesin
Ka Prodi. Agus Sudibyo, S.T., M.T

2. Program Studi Teknik Elektro
   Ka Prodi. Ahmad Setiawan, S.T., M.T.

3. Program Studi Sistem Informasi
   Ka Prodi. Ir. S.B.P. Handhajani, M.T.

 Visi

  • Mewujudkan fakultas yang unggul dan bermutu dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sumber daya manusia dalam bidang Teknik dan Informatika yang kompeten, profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, beretika, dan mampu bersaing hingga tingkat nasional pada tahun 2020. 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu di bidang rekayasa dan sistem informasi untuk menghasilkan sarjana yang kompeten, bermutu, beretika, mampu berkembang, diterima oleh masyarakat dan memiliki daya saing hingga tingkat nasional. 
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang rekayasa dan sistem informasi yang mampu mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, analitis dan bermanfaat bagi pengembangan institusi dan lingkungan.
  3. Membantu masyarakat luas memanfaatkan teknologi secara positif untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  4. Menyelenggarakan Fakultas yang berdasarkan pada prinsip-prinsip good governance.

Program Studi Teknik Mesin 

Berdiri kokoh sejak tahun 1995 ditengah kota Malang yang dikenal sebagai kota pelajar yang sejuk dan asri, Program Studi Teknik Mesin dengan ijin operasional No. 9751/D/T/K-VII/2011 terus ber- kembang dan bermetamorfosis menjadi Program Studi kebanggaan yang menghasilkan lulusan yang tersebar diseluruh tanah air baik bekerja sebagai PNS, TNI, BUMN, berwiraswasta.

Ditunjang dengan kualitas dan kuantitas Dosen yang 100% berkualifikasi Magister (S-2), Program Studi Teknik Mesin dilengkapi dengan laboratorium dan infrastruktur ruang belajar yang nyaman. Program Studi Teknik Mesin Universitas Gajayana mampu melakukan pembaharuan dalam segala bidang secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dengan kurikulum yang berbasis kompetensi, program studi ini berorientasi pada bidang Konversi Energi yang meliputi: Energi Terbarukan, Mesin-mesin Thermal dan Fluida, Mekanika Teknik, Dinamika dan Statika Struktur, Mekanika Fluida,Bahan Bakar serta Teknik Pembakaran mencakup juga Pertahanan Militer (Misil, Propelar, Torpedo, Senjata,Mortir juga Amunisi ). Prospek lapangan kerja lulusan : bidang Manufaktur Industri, Bengkel, TNI, Konsultan Struktur, BUMN, PNS, dan lain-lainnya. 

 

Program Studi Teknik Elektro  

Dengan kurikulum yang berbasis kompetensi, Program Studi Teknik Elektro dengan ijin operasional No. 7916/D/T/K-VII/2011 berorientasi pada Desain Sisitem Energi Industri, Elektronika Instrumental, Telematika (Telekomunikasi Informatika) baik di Industri Manufaktur maupun bidang Telekomunikasi.

Serapan lapangan kerja lulusan antara lain : Instrumen and Elektronic di Industri/Pabrik maupun pada perusahaan telekomunikasi, Instalatir, Konsultan atau tenaga Elektrical Maintenance.

Program ini juga mengembangkan kelas khusus bagi yang sedang bekerja dari lulusan dari lulusa D-3 untuk  mendapatkan gelar S-1 selain itu program ini bekerja sama dengan beberapa instansi dalam pengembangan karyawan untuk memperoleh gelar kesarjanaan dalam bidang teknik dengan gelar sarjana teknik (S.T).

Dengan mencetak lulusan yang berkualitas tinggi, program studi teknik mesin dan teknik elektro berharap dapat memberikan kontribusi positif untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

 Visi

  • Menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi Teknik Elektro yang menghasilkan sarjana Teknik Elektro yang berkualitas, profesional dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Elektro yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan umat manusia 

Misi

  1. Melaksanakan sistem pendidikan yang menghasilkan sarjana yang berkualitas dan profesional di bidang Teknik Elektro 
  2. Melaksanakan upaya perbaikan secara berkelanjutan terhadap sistem pendidikan didasarkan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat di bidang Teknik Elektro
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan konkrit dengan menerapkan keahlian di bidang Teknik Elektro yang bermanfaat bagi lingkungan organisasi dan masyarakat

Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi telah terakreditasi dengan Nilai "B" berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 257/SK/BAN–PT/Ak–XVI/S/XII/2013 tanggal 26 Desember 2013 dan memiliki ijin operasional Nomor: 2962/D/T/K-VII/2009 tanggal 23 Juli 2009.

Program Studi Sistem Informasi bertujuan menghasilkan sarjana komputer dengan kemampuan mengembangkan sistem informasi dan software komputer, terutama berbasis teknologi internet.  Tenaga pengajar terdiri dari dosen tetap (S-2) dan   (S-3) dengan kompetensi yang sesuai dengan bidang sistem informasi dan komputer lulusan dalam dan luar negeri; dan dosen tidak tetap dari Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Malang, serta praktisi yang ahli dan berkompeten.

Program Studi Sistem Informasi dilengkapi laboratorium pemrograman, laboratorium jaringan komputer, dan laboratorium basis data. Lulusan Program Studi Sistem Informasi menyandang gelar Sarjana Komputer ( S.Kom. ), dan berpeluang karier sebagai programmer, manager teknologi informasi, konsultan teknologi informasi, perancang sistem informasi, analisis dan administrator, computer network administrator, trainer teknologi informasi, dan lain – lain.

Lulusan program studi sistem informasi telah bekerja sebagai spesialis teknologi informasi di berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta, antara lain PDAM, PT. Gudang Garam, Guru SMKN, Telkomsel, Perusahaan Konsultan T.I., dan lain-lain.

 Visi

  • Terwujudnya Program Studi unggul dalam pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta bermutu dalam pengembangan sumber daya manusia sarjana yang kompeten, profesional, bermoral, beretika, mampu berkembang dan bersaing dalam bidang Sistem Informasi hingga tingkat nasional pada tahun 2020. 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu di bidang Sistem Informasi untuk menghasilkan sarjana yang kompeten, bermutu, beretika, mampu berkembang, diterima oleh masyarakat dan memiliki daya saing hingga tingkat nasional. 
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Sistem Informasi yang mampu mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, analitis dan bermanfaat bagi pengembangan institusi dan lingkungan.
  3. Membantu masyarakat luas memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara positif untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  4. Menyelenggarakan Program Studi yang mengacu pada prinsip-prinsip good governance.

 

Menu Login