Tari Zapin Buka Dies Natalis ke-42 dan Halalbihalal Uniga

 


Tugumalang.id – Tari Zapin menjadi pembuka gelaran Halalbihalal dan Istighosah Akbar yang diselenggarakan oleh Universitas Gajayana (Uniga) Malang, pada Rabu (18/5/2022). Gelaran ini dikemas bersamaan dengan Dies Natalis ke-42 Uniga.

Tarian ini dipimpin oleh Pendiri Pondok Pesantren & Rehabilitasi Mental Az-Zainy, KH Zain Baik. Diiringi alunan musik, Gus Zain sapaannya, mengajak seluruh tamu undangan, khususnya pejabat lintas agama dan profesi yang hadir, untuk bergerak mengikuti alunan musik.

Dilansir dari Berita Update dalam kumparan.com, Tari Zapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tari Zapin merupakan tari tradisional yang unik dan populer di Riau.

halalbihalal uniga
Dipimpin Gus Zain, Tari Zapin menjadi pembuka gelaran Dies Natalis ke-42, Halalbihalal, dan Istighosah Akbar yang diselenggarakan oleh Universitas Gajayana Malang. Foto: Feni Yusnia

Tari Zapin diperagakan dengan gerak tubuh yang sangat indah dan lincah. Tari tradisional ini bersifat edukatif sekaligus juga menghibur karena Tari Zapin digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan.

Rektor Uniga, Prof Dr Dyah Sawitri SE MM mengatakan bahwa dalam rangkaian Dies Natalis ini, pihaknya turut mengundang semua segmen sebagai bentuk toleransi dan kerukunan.

“Kami sengaja mengundang semua segmen termasuk tokoh lintas agama dan profesi yang berkomitmen bersama lembaga pendidikan ini untuk turut serta menjaga nilai-nilai luhur, utamanya yang ada pada Pancasila dan Undang-undang 1945,” kata perempuan berhijab ini.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji didampingi Ketua TP PKK Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Malang Raya, jajaran Yayasan Pendidikan Gajayana, hingga tokoh lintas agama.


Archive

Hubungi Kami

Send