Ilmu Sosial dan Budaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya

Dekan:  Dr. Endang Suswati, S.E., M.S.

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISB) UNIGA Malang memiliki 2 program studi, yaitu:

1.     Program Studi Bahasa Inggris
Ka Prodi: Pradnya Dewi Paramita, S.S., M.A.

2.     Program Studi Psikologi
Ka Prodi:  Moersito Wimbo. W, S.Psi., M.A

3.     Program Studi Ilmu Komunikasi

Ka Prodi: M. Asnan, M.I.Kom

 

PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Terakreditasi BAN-PT dengan nilai “B”.

Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, yang berdiri pada tahun 1987, memberikan kesempatan kepada lulusan SMU dan yang sederajat untuk meraih gelar sarjana di bidang bahasa dan sastra Inggris.

Di samping dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulis serta pengetahuan kebahasaan dan kesusastraan, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dibutuhkan dalam dunia kerja, antara lain: Bahasa Inggris Niaga (Business English) Kesekretariatan Praktis (Practical Secretary), Bahasa inggris untuk Perhotelan dan Kepariwisataan (English for Hotels and Tourism), Bahasa lnggris Perbankan (English for Banking), Penterjemahan (Translation), dan bahasa asingseperti Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis. Aplikasi Komputer dan Metodologi Pengajaran Bahasa(Language Teaching Methodology ).

Tenaga pengajar terdiri dari dosen bergelar Master (S2) dan Doktor (S3) lulusan  universitas ternama dari luar negeri dan dalam negeri. Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris telah bekerja di berbagai bidang baik di instansi pemerintah dan swasta. Diantara mereka ada yang bekerja sebagai guru PNS, pegawai Pemda dan Dosen PTN, kedutaan besar dan lembaga pemerintah lain. Sedangkan perusahaan swasta yang telah merekrut mereka misalnya: bank, hotel, pariwisata, perguruan tinggi swasta,kursus bahasa Inggris, perusahaan eksport dan import, penerjemah dan editor di penerbitan buku dan koran, stasiun TV, Production House penghasil sinetron tv,  pertambangan dan LSM yang bekerja sama dengan pihak luar negeri.

Link : bahasainggris.unigamalang.ac.id


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

Program Studi Psikologi diselenggarakan sejak 2003 dan telah terakrediatasi BAN-PT dengan nilai “Baik Sekali”.

Pembelajaran ditunjang oleh dosen berkualitas dan didukung oleh dosen berkualifikasi Doktor (S-3) yang tidak saja kompeten secara akademis tetapi juga berpengalaman secara profesional dalam praktek. Dengan fasilitas lengkap, Fakultas Psikologi Universitas Gajayana terus melakukan pengembangan dan inovasi dalam menjawab segala tantangan pasar kerja dan stakeholder.

Psikologi sebagai ilmu dan seni tentang perilaku dan proses mental hampir tidak memiliki batas dalam penerapannya. Lulusan dapat berkiprah di bidang profesi yang sangat luas. Human Resources Development Officer, Public Relation, Public Speaker, Human Resources Trainer, Behavior Analyst, Terapis dalam Intervensi Individual, Kelompok dan Sosial, Educational Counselor, Career Counselor, Teacher, Job and Person Analyst, Personal and Organizational Consultant, PNS, Guru Bidang Studi, Guru BK, HRD Manajer and officer, Supervisor Recruitment and Selection, Trainer dan Public Speaker adalah diantara profesi yang telah dijalani oleh 95% alumni Program Studi Psikologi. Lulusan Program Studi di Psikologi mendapatkan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi.).

Link : psikologi.unigamalang.ac.id

 

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
Program Studi Ilmu Komunikasi mulai menyelenggarakan aktivitas akademik sejak 2016/2017, dan telah memperoleh akreditasi BAIK dari BAN-PT pada tahun 2020.

Dengan visi menjadi Program Studi yang unggul dalam riset dalam penerapan Ilmu Komunikasi di era revolusi industri 4.0 untuk menghasilkan lulusan yang berbudaya dan berwawasan global di tahun 2026, Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki 3 peminatan yaitu: broadcasting, public relation dan komunikasi pariwisata. Pembelajaran didukung oleh dosen berkualitas dalam bidang-bidang Ilmu Komunikasi 4.0, dan para praktisi profesional sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten, kompetitif, dan siap terjun di dunia kerja dalam bidang broadcasting, public relation dan kepariwisataan. Proses pembelajaran dibangun melalui suasana akademis yang kondusif, bersahaja,  menantang dan kreatif dan difasilitasi dengan laboratorium fotografi, laboratorium audiovisual, laboratorium komputer dan sarana penunjang lainnya. Untuk mendukung proses pembelajaran, Program Studi Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan berbagai lembaga, seperti Productions House, Lembaga Survey, UKM, Institusi Pemerintah, Biro Wisata, Stasiun TV, Media Cetak/Online.

Karier lulusan Ilmu Komunikasi di antarnya: Broadcaster, Jurnalis, Announcer dan Presenter, Master of Ceremony (MC), Public Relations Officer, Staf Humas Pemerintah maupun Swasta, Event Organizer, Marketing Communications, Fotografer, Editor/Content Creator dan lain-lain.