Teknik dan Informatika

Dekan:  Ir. S.B.P. Handhajani, M.T.

Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) UNIGA memiliki 5 program studi yaitu:

1.     Program Studi Teknik Mesin
Ka Prodi: Agus Sudibyo, S.Pd., M.T

2.     Program Studi Teknik Elektro
Ka Prodi: M. Nur Sulaiman, S.T., M.T.

3.     Program Studi Sistem Informasi
Ka Prodi: Rizqiyatul Khoiriyah, S.Kom., M.Kom.

4.     Program Studi Teknik Industri

Ka Prodi: Ayudya Mahendaringratri, S.T. M.T.

5.     Program Studi Fisika

Ka Prodi: Amri Baihaqi Mashuda, S.Pd., M.Si.

 

 Visi FTI

  • Mewujudkan fakultas yang unggul dan bermutu dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sumber daya manusia yang kompeten, profesional dalam bidang Teknik dan Informatika, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, beretika, dan mampu bersaing hingga tingkat nasional.

Misi FTI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu di bidang rekayasa dan sistem informasi untuk menghasilkan sarjana yang kompeten, bermutu, beretika, mampu berkembang, diterima oleh masyarakat dan memiliki daya saing hingga tingkat nasional.
  • Menyelenggarakan penelitian dalam bidang rekayasa dan sistem informasi yang mampu mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, analitis dan bermanfaat bagi pengembangan institusi dan lingkungan.
  • Membantu masyarakat luas memanfaatkan teknologi secara positif untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  • Menyelenggarakan Fakultas yang berdasarkan pada prinsip-prinsip good governance.

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

Program Studi Teknik Mesin berdiri sejak 1995 dan telah menghasilkan lulusan yang tersebar di seluruh tanah air baik dan telah berkarier dalam berbagai bidang, termasuk sebagai PNS, TNI, BUMN, dan berwiraswasta.

Pembelajaran ditunjang oleh dosen tetap yang berkualitas dan didukung oleh laboratorium dan infrastruktur ruang belajar yang nyaman. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan kurikulum yang berbasis kompetensi. Kurikulum program studi ini berorientasi pada bidang Konversi Energi yang meliputi: Energi Terbarukan, Mesin-mesin Thermal dan Fluida, Mekanika Teknik, Dinamika dan Statika Struktur, Mekanika Fluida, Bahan Bakar serta Teknik Pembakaran, dan mencakup juga Pertahanan Militer (Misil, Propelar, Torpedo, Senjata, Mortir juga Amunisi ).

Prospek lapangan kerja lulusan meliputi bidang Manufaktur Industri, Bengkel, TNI, Konsultan Struktur, BUMN, PNS, dan lain-lainnya.

Link: mesin.unigamalang.ac.id

 

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

Program Studi Teknik Elektro diselenggarakan sejak 1997, dan terakreditasi B oleh BAN-PT. 

Pembelajaran dilaksanakan oleh dosen tetap yang berkualitas, serta ditunjang oleh sarana laboratorium teknik elektro serta prasarana belajar yang nyaman. Kurikulum pembelajaran Program Studi Teknik Elektro berbasis kompetensi serrta berorientasi pada Desain Sistem Energi Industri, Elektronika Instrumentasi, Telekomunikasi Informatika, yang diimplementasikan pada Industri Manufaktur maupun Telekomunikasi.

Lulusan Program Studi Teknik Elektro telah berkarir dalam berbagai bidang pekerjaan antara lain industri elektronik rumah tangga, industri penyiaran televisi, pegawai pemerintah, dosen, wiraswasta, konsultan electrical engineering dan electrical maintenance.

Link : elektro.unigamalang.ac.id

 

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI 

Program Studi Sistem Informasi diselenggarakan sejak 2003 dan telah terakreditasi BAN PT dengan nilai "B".

Program Studi Sistem Informasi bertujuan menghasilkan sarjana komputer dengan kemampuan mengembangkan sistem informasi dan software komputer, terutama berbasis teknologi internet dan mobile.  Pembelajaran dilaksanakan oleh dosen tetap yang berkualitas, di antarnya berkualifikasi Doktor bidang Sistem Informasi. Pembelajaran difasilitasi dengan laboratorium pemrograman, laboratorium jaringan komputer, dan laboratorium basis data.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi menyandang gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) dan berpeluang karier sebagai programmer, manager teknologi informasi, konsultan teknologi informasi, perancang sistem informasi, analisis dan administrator, computer network administrator, trainer teknologi informasi, dan lain – lain.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi telah bekerja sebagai spesialis dan manajer teknologi informasi serta software developer di berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta, antara lain PDAM, PT. Gudang Garam, rumah sakit, Guru SMKN, Telkomsel, Perusahaan Konsultan T.I., dan lain-lain. 

Link: si.unigamalang.ac.id

 

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Program Studi Teknik Industri mulai dikembangkan pada tahun 2018 berdasarkan SK …..

Teknik industri merupakan ilmu manajemen yang mengkaji dan mengimplementasikan work design dalam lingkungan ekonomi produksi. Teknik Industri mengelola hubungan manusia dengan mesin untuk menghasilkan kinerja sistem industri yang optimal.

Pembelajaran pada Program Studi Teknik Industri difokuskan pada tiga kelompok keahlian, yaitu Manajemen Industri, Manajemen Transportasi dan Logistik; dan Teknologi Informasi Industrial. Pembelajaran dilaksanakan oleh dosen tetap yang berkualitas dalam bidang teknik industri.

Program Studi Teknik Industri bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berkarier dalam bidang Manajemen produksi, manajemen kualitas produksi, manajemen transportasi dan logistik, pengelolaan teknologi informasi untuk produksi.

 Link : industri.unigamalang.ac.id 

 

PROGRAM STUDI FISIKA

Program Studi Fisika mulai diselenggarakan sejak 2018 berdasarkan SK no ……

Porgram Studi Fisika dikembangkan dengan mengacu pada kurikulum yang berwawasan teknopreneurship dalam menjawab tantangan revolosi industri 4.0. Pembelajaran berbasis Problem Based Instruction yang menghasilkan produk inovatif and solutif bagi sektor industri dan instansi pemerintah.

Pembelajaran pada Program Studi Fisika berfokus pada keunggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan teknopreneurship yang mengkomibinasikan ilmu Fisika, imkubator teknologi, dan bisnis. Program Studi Fisika memiliki empat bidang peminatan, yaitu Fisika material, Fisika Medis, Geofisika, dan Ekonofisika.

Lulusan Program Studi Fisika akan memperoleh gelar S.Si, dan memiliki potensi karier sebagai PNS, Pegawai BUMN, Peneliti, TNI, Guru, Tenaga Medis, Field Engineer, Profesional Trader, Konsultan, dan lain-lain.

 Link : fisika.unigamalang.ac.id